FARMASI

Senin, 26 Maret 2018

PENGELOMPOKAN OBAT TRADISIONAL

Pengelompokan Obat Tradisional
      Obat tradisional dikelompokkan menjadi 3, yakni jamu, obat herbal terstandar, dan fitofarmaka.
Pengertian Jamu
      Jamu merupakan salah satu kelompok obat bahan alam yang memiliki persyaratan keamanan yang klaim khasiatnya berdasarkan pengalaman empiris, dan memenuhi syarat mutu.
Kelompok Jamu harus mencantumkan logo dan tulisan “JAMU” dicetak dengan warna hitam di atas dasar warna putih atau warna lain yang menyolok kontras.
Logo berupa Ranting Daun terletak dalam lingkaran warna dicetak dengan warna hijau di atas dasar warna putih atau warna lain yang menyolok kontras dengan warna logo, ditempatkan pada pada bagian atas sebelah kiri dari wadah/pembungkus/brosur.

Pengertian Obat Herbal Terstandar
      Obat Herbal Terstandar (OHT) merupakan salah satu kelompok obat bahan alam yang memiliki persyaratan keamanan, telah teruji praklinis, dan terstandardisasi bahan baku.
Kelompok Obat Herbal Terstandar harus mencantumkan logo dan tulisan “OBAT HERBAL TERSTANDAR” dicetak dengan warna hitam di atas dasar warna putih atau warna lain yang menyolok kontras.
Logo berupa Jari-Jari Daun (3 pasang) terletak dalam lingkaran warna dicetak dengan warna hijau di atas dasar warna putih atau warna lain yang menyolok kontras dengan warna logo, ditempatkan pada pada bagian atas sebelah kiri dari wadah/pembungkus/brosur.


Pengertian Fitofarmaka
      Fitofarmaka merupakan salah satu kelompok obat bahan alam yang memiliki persyaratan keamanan, telah teruji klinis, dan terstandardisasi bahan baku.
      Kelompok Fitofarmaka harus mencantumkan logo dan tulisan “FITOFARMAKA” dicetak dengan warna hitam di atas dasar warna putih atau warna lain yang mencolok kontras.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar