FARMASI

Senin, 26 Maret 2018

SEDIAAN GALENIKA

Pengertian Sediaan Galenika
      Sediaan galenika adalah sediaan yang dibuat dari bahan baku hewan atau tumbuhan yang diambil sarinya. Zat-zat yang tersari (berkhasiat) biasanya terdapat dalam sel-sel bagian tumbuh-tumbuhan yang umumnya dalam keadaan kering. Jadi, ilmu galenika adalah ilmu yang mempelajari tentang pembuatan sediaan (preparat) obat dengan cara sederhana dan dibuat dari alam (tumbuhan dan hewan).

Sejarah Sediaan Galenika
      Sediaan galenika bermula dari seorang ilmuwan Romawi bernama Galen yang menemukan suatu racikan obat yang berasal dari ekstrak tanaman dan hewan. Hal ini menjadi dasar pemberian nama sediaan galenika.

Ruang Lingkup Sediaan Galenika
      Sediaan galenika mencakup 3 hal, yakni sediaan galenika hasil penarikan (ekstrak, tinctura, decocta, dan infusa), sediaan galenika hasil penyulingan/pemerasan (aqua aromatika, olea penguia, dan olea volatilia), dan sirup.

Cairan Penarik Sediaan Galenika
      Cairan penyari masuk ke dalam zat-zat berkhasiat utama dari pada simplisia yang akan diambil sarinya, kemudian zat berkhasiat tersebut akan terbawa larut dengan cairan penyari, setelah itu larutan yang mengandung zat berkhasiat dipisahkan dari bagian simplisa lain yang kurang bermanfaat.
      Beberapa jenis cairan penarik yang umum digunakan dalam sediaan galenika antara lain air, etanol, gliserin, eter, pelarut heksan, aseton, dan kloroform.

Cara-Cara Penarikan Sediaan Galenika

      Cara yang paling umum digunakan dalam penarikan sediaan galenika adalah dengan metode ekstraksi. Terdapat beberapa metode ekstraksi antara lain maserasi, perkolasi, dan infundasi (infusa) yang akan dijelaskan lebih lanjut dalam KD selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar